Kamis, 12 September 2013

PERUBAHAN KIMIA


Perubahan kimia seringkali disebut dengan reaksi kimia. Perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat baru. Berbeda dengan perubahan fisika, yang tidak menghasilkan zat baru.


Secara tidak kita sadari, perubahan kimia sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti, tumbuhan hijau yang ada di pekarangan rumah kita. Bila kita amati, sebagian dedaunan pada tumbuhan ada yang menguning, sebagian lagi mengering, layu dan berwarna kecoklatan dan akhirnya akan gugur. Tapi tahukah Anda, bahwa daun yang menguning dan kemudian berubah menjadi kecoklatan, itu sudah termasuk ke dalam perubahan kimia.
Tidak hanya itu, proses fotosintesis yang terjadi pada daun hijau, juga termasuk ke dalam perubahan kimia. Di proses ini, air dan karbon dioksida diubah menjadi glukosa dan oksigen dengan bantuan sinar matahari. Contoh reaksinya

Glukosa yang dihasilkan pada proses fotosintesis dapat digunakan sebagai sumber energi untuk proses respirasi pada tumbuhan. Selain itu, glukosa juga disimpan sebagai cadangan makanan, misalnya pada umbi-umbian dan buah-buahan. Dengan demikian, cadangan makanan dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup lain. Sementara itu, oksigen yang dilepaskan oleh tumbuh-tumbuhan dapat digunakan utnuk bernapas oleh makhluk hidup lainnya.

Selain pada tumbuhan, perubahan kimia juga terjadi pada hewan dan manusia. Conthnya, pertumbuhan dan perkembangna hewan dan manusia tidak lepas dari perubahan kimia yang terjadi di dalam tubuh. Misalnya saja pada proses pencernaan makanan. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diolah dan dicampur dengan zat-zat lain yang dihasilkan oleh tubuh. 

Hasilnya, digunakan untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, proses pernapasan juga melibatkan perubahan kimia. Oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan digunakan untuk berbagai macam proses kimia.

Well, tanpa kita sadari perubahan kimia sudah terjadi dalam diri kita dan sekitar lingkungan kita. Satu lagi contohnya adalah telur yang digoreng. 


Kenapa ? coba perhatikan saat telur itu sudah matang dan sebelum digoreng. Telur yang masih mentah wujudnya masih cair dan akan menjadi padat ketika digoreng. Putih telur yang masih bening juga akan berubah menjadi putih. Bahkan, apabila digoreng terlalu lama, putih telur akan berwarna kecoklatan di pinggirnya. 
Mengapa perubahan kimia bisa terjadi ?

  1.Perubahan kimia dapat terjadi karena pembakaran. (contohnya pada pembakaran kertas dan kayu). Pada perubahan ini, energi panas diberikan pada zat sehingga terbentuk zat baru. Pada pembakaran kayu dan kertas, zat baru yang terbentuk adalah arang (mengandung karbon), dan gas yang lepas adalah asap.
 


   2.Perubahan kimia dapat terjadi karena pencampuran zat. ( contohnya pada natrium hidoksida dengna asam klorida membentuk natrium klorida dan air)


 3.Perubahan kimia dapat terjadi karena akibat adanya aliran listrik. ( contohnya pada saat mengisi ulang aki kendaraan. Aliran listrik dapat mengakibatkan terjadinya reaksi kimia dalam aki, sehingga aki dapat digunakan kembali.) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources