Jumat, 02 November 2012

SERUIT, MAKANAN DARI LAMPUNG

Kenal dengan makanan khas dari yang berasal dari  Lampung ini??  Bagi yang belum kenal, mari lanjutkan membacanya.Hehehe...
 Seruit merupakan makanan yang berbahan dasar ikan ikan yang digunakan biasanya ikan belide, ikan sungai, ikan baung, dan ikan layis. 



Biasanya ikan dimasak dengna cara dibakar atau  digoreng lalu dicampur  dengan sambal terasi atau biasa jug adikenal dengan nama sambal seruit. Tapi sambalnya beda dengan sambal terasi kebayakan. Mengapa?? Karena sambal terasi itu juga dicampur dengan potongan mangga, durian, dan nanas. Hmmmm... sepertinya enak ya.. 


 


Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk membuat seruit. Prosesnya, ikan yang sudah disediakan terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbunya berupa bawang putih, garam, kunyit, dan jahe. Setelah itu, ikan pun dibakar selama sepuluh menit.

Saat sudah setengah matang, ikan diolesi dengan kecap manis dan campuran bumbu dari bawang putih, garam, dan ketumbar. Sementara, sambal untuk campuran seruit adalah cabai merah, cabai kecil, garam, micin, rampai, dan terasi baker. Bahan sambal ini lalu ditumbuk hingga halus.


Untuk menikmatinya, seruit harus ditambahkan dengan tempoyak, yakni durian yang sudah diawetkan dan dihaluskan

Sebenarnya Seruit atau kalau lidah orang lampung sering menyebutnya “seruwit”, adalah makanan khas orang Lampung. Yang uniknya dari makanan ini adalah, diracik ketika akan di makan dan harus habis saat itu juga. Dan tentu saja, makannya harus pakai nasi.

Cara makannya pun unik, Seruwit yang sudah jadi (dalam satu wadah) di makan bersama-sama. Caranya, kucuk kikim (daun singkong rebus) diambil secukupnya, lalu dicocol kedalam seruwit. Setelah itu, ditaruh pada sesuap nasi, dan langsung dimakan. Biasanya, sambil mengunyah didalam mulut, lalapan mentah juga ikut dimakan bersamaan. Dan rasanya, benar-benar luar biasa. 



Hmmmmmmm..... pantas dicoba



























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources