Sabtu, 07 April 2012

KARYA SENI TERBARU DARI GARAM

Garam yang fungsionalnya sebagai bumbu dapur kini menjadi dwi fungsi ditangan seorang seniman Jepang. 





Motoi Yamamoto, dialah  seniman Jepang yang berhasil menciptakan karya seni yang benar-benar menakjubkan. Bermodalkan garam sebagai bahan utamanya, terciptlah suatu karya seni yang unik.
Alasan Motoi menggunakan garam sebagai alat untuk menciptakan karya-karyanya itu adalah karena kematian adiknya akibat  kanker otak. 
  





Garam bagi masyarakat Jepang memiliki tempat khusus dalam ritual-ritual kematian , dimana garam bakal diberikan kepada para pelayat di akhir penguburan sehingga mereka bisa menaburkan garam itu ke arah mereka sendiri untuk tolak bala dari setan.
Lewat pameran di Hakone Open-Air Museum di Kanagawa, Jepang, Motoi membuat berbagai karya seni dari garam  yang lumayan sulit dan juga membutuhkan kesabaran ekstra.
Di tempat itu Motoi membuat instalasi-instalasi lantai yang menakjubkan, dengan mengisi garam ke botol plastik yang biasanya dipergunakan untuk mesin oli kemudian menaburkannya dan melukiskannya ke lantai.





"Menggambar labirin dengan garam seperti mengikuti jejak dari memoriku. Kenangan-kenangan sepertinya berubah dan hilang seiring waktu berlalu. 





Apa yang ku cari adalah cara dimana aku bisa menyentuh moment berharga di memori-memoriku yang tak bisa dibentuk atau dicapai lewat gambar-gambar atau tulisan.
Aku selalu mengikuti jejak itu secara diam-diam, yang terkontrol dan tidak terkontrol dari titik awal setelah aku menyelesaikannya," ujar sang seniman seperti diberitakan Dailymail.co.uk.
Di akhir eksehibisinya itu, Motoi selalu meminta agar garam-garam tersebut dikembalikan ke lautan untuk membuat perjalanan si garam menjadi lingkaran penuh.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources