Sabtu, 07 April 2012

KUMPULAN DONAT DARI BEBERAPA NEGARA


Makanan yang satu ini sudah popular di kalangan masyaraat. Ada donat yang harganya murah sampai donat yang harganya mahal. Karena kepopulerannya itu, banyak sekarang rasa donat yang diciptakan. Namun, bentuk donat di dunia berbeda-beda.
Berikut jenis-jenis donat dari beberapa negara :


Tim Bits [ Kanada ]
  





Tim Bist  merupakan  salah satu makanan yang masuk dalam daftar populer di Kanada. Adonan, cara membuat, serta rasanya, sama persis dengan donat. Bedanya, tim bits hanya berukuran sebesar lubang donat. 




Oliebollen [ Belanda]


 

Oliebollen merupakan  kue gorengan asal Belanda yang diisi  kismis atau potongan apel dengan rasa mirip donat. Oliebollen juga dikenal di Indonesia dan sering tercantum dalam buku resep kue terbitan sejak zaman dulu.


Paccki [Polandia]
 



 

Di Polandia dan negara bagian Amerika Serikat yang memiliki permukiman orang Polandia seperti Detroit, Michigan dan Milwaukee, Wisconsin, donat bundar berisi selai disebut Paczki dan merupakan hidangan istimewa di saat karnaval.


Spurgos [Lithuania]


 

Di Lithuania dikenal sejenis donat bernama spurgos yang mirip donat Polandia dan salah satu versi yang disebut varskes spurgos menggunakan keju cottage.


Sufganiyah [Israel]

 Di Israel, donat berisi jelly yang disebut Sufganiyah merupakan hidangan tradisional dalam  perayaan Hanukkah.


Beignet [Perancis]



 
Kue gorengan bertabur gula halus ini   disebut beignet dan mirip donat.



Churro [Spanyol dan Amerika Latin]



  
Di sini dikenal churro yang bertabur gula halus dan mempunyai rasa mirip donat.



Malasada [Hawaii]
 


 Malasada adalah kue gorengan serupa donat di Hawaii yang mirip dengan Filhoze asal Portugal, karena memang diperkenalkan imigran asal Portugis.



Berliner [Jerman]


  
Di Jerman, kue serupa donat dengan isi selai disebut Berliner, sedangkan di kota Berlin dikenal dengan sebutan Pfannkuchen. Di Jerman sebelah selatan, Berliner yang dikenal dengan sebutan Krapfen merupakan kue untuk menyambut festival (Karneval atau Fasching) sekaligus hidangan malam Tahun Baru di Jerman sebelah timur.


Loukoumades [Yunani]


Loukomades  adalah makanan yang biasa disajikan saat festival atau karnaval di Yunani. Setelah digoreng, kue ini disiram dengan sirup madu dan ditaburi gula, kacang, atau biji wijen. 



Gulab Jamun [India]
 



 

Di India ada Gulab Jamun, kue manis yang biasa disajikan di pesta pernikahan. Kue ini dimakan dalam keadaan hangat









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources