Sabtu, 26 Mei 2012

CARA PENJAHAT MELAKUKAN AKSI DI ATM

1. AWAL MULA


 
Seseorang sedang melakukan transaksi di ATM.


















2. Memasang Jebakan



Tapi sebenarnya dia lagi memasang suatu alat di slot tempat kartu ATM dimasukkan. 




3. Siap Siaga Selalu




                                 Temannya menunggu di luar 
    untuk menjaga aksi mereka.




 


4. Si Korban


Korban masuk dan mulai memasukkan kartu
  











5. Masalah pun berlanjut



     Nah, mulai ada masalah.Karu ATM tertelan.  Tapi coba perhatikan ada orang yang mau masuk ke tempat ATM itu. .  
Tidak salah lagi, dia adalah pelakunya.







  6. Ada Orang Baik Yang "Bersedia"Membantu




 
Karena sudah panik , maka pikiran pasti sudah tidak lancar lagi berfikir.
Nah datag dah penyelamat gadungan. Dia pura-pura. Tapi sebenarnya dia lagi menghapal no PIN. Caranya? Ia mencoba untuk mengarahkan korban dengan mencoba lagi memasukkan no PINnya.







7. Mendapatkan Nomor PIN



 
Si penolong yang baik hati ini meyakinkan korbannya bahwa cara mengeluarkan kartu ATM adalah dengan menekan nomor PIN . Dan disaat bersamaan Dia akan menekan tombol "Cancel""Enter". Intinya dia ingin tahu berapa sih nomor PIN si korban ini. Pada gambar ini bisa kamu lihat kalo si penjahat dengan bebas melihat tombol apa aja yg ditekan oleh si korban . Menghapal angka 6 digit adalah hal yang mudah. 




8. Usaha Yang Sia-Sia


 
Setelah berusaha berkali-kali (dan tentunya sia-sia belaka) si Penolong akan meyakinkan sang korban kalo kartunya sudah benar-benar tertelan oleh mesin ATM dan menyarankan kepada si korban untuk menghubungi pihak Bank.



9. Mengeluarkan Kartunya Kembali



 
Setelah situasi aman terkendali sang penolong gadungan ini akan kembali lagi untuk mengeluarkan kartu ATM dr alat jebakan yg dia pasang sebelumnya. Bukan cuma kartu aja, dia juga telah mendapatkan nomor PIN nya yang tidak sengaja diperlihatkan korban kepada orang ini.
  





10. The Escape



Dari jam yg tertera di rekaman CCTV bisa diketahui dia hanya perlu waktu 24 detik untuk beraksi dan menurut catatan pihak bank penjahat ini berhasil membawa kabur duit $4.000 dari rekening.




11. Senjata Rahasia







Dan ternyata alat yg digunakan seperti disamping ini terbuat dari kertas film x-ray . Kenapa menggunakan kertas film x-ray ? Alasannya sederhana warnanya sama dengan bibir slot kartu di mesin ATM ! Tapi ini kejadiannya di luar negeri. Kalau di Indonesia beda nggak  warna bibir slot kartunya??








12. Cara Memasangnya



Alat ini dimasukkan di slot kartu dengan posisi seperti ini. Pada ujungnya dilipat dan diberi lem agar bisa melekat pada sisi luar maupun dalam dari bibir slot kartu ATM.








13. Tak Terlihat Kan ?


 
Dengan pemasangan yang  benar  kertas film tadi hampir tak terlihat apalagi bagi orang yang tidak waspada. 

  



14. Kenapa Kartunya Tidak Bisa Keluar ?






Untuk mencegah kartu keluar dari slot (setelah transaksi normal dilakukan) dua sisi dari alat jebakan ini dipotong membentuk celah untuk menangkap kartu yang akan keluar dari mesin.




15. Cara Mengambil Kartunya



Gampang kan ? Si penjahat tinggal menarik bagian alat yg dilipat.



Tips : 
 1.  Saat kartu ATM Anda tiba-tiba bermasalah (macet) segera cermati slot tempat kartu ATM dimasukkan barangkali ada sesuatu yang "aneh" disitu. Kalau ada semacam kertas seperti diatas tarik saja !

( Tindakan ini tidak  perlu dilakukan apabila  Anda keliru memasukkan nomor PIN lebih dari 3X)
 
 2.  Segera telfon pihak bank (biasanya ada nomor yg tertera disamping mesin ATM) dan jangan meninggalkan lokasi ATM sampai ada petugas yang datang.
 
 3.  Tetap waspada dan jangan panik. Karena bila Anda sudah panik terlebih dahulu, maka Anda akan sulit untuk berpikir lebih fokus.










































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources