Senin, 22 Agustus 2011

TAN JOE HOK SANG LEGENDA BULUTANGKIS

Tan Joe Hok. Beliau adalah seorang atlet bulutangkis Indonesia yang sangat berjaya pada era 1950-an. 
Beliau lahir di Bandung 11 Agustus 1937. 
Ketika Tan Joe Hok mulai berkarir, Indonesia tengah mengalami krisis. Lebih baik bekerja daripada bulutangkis. Orangtua Tan Joe Hok yang mendukung ia hanyalah mamanya. Ayahnya lebih suka mengikuti perkembangan ekonomi yang tengah rumit. Begitu juga dengan saudara-saudaranya.
Tahun 1954 ia pulang dari Bali setelah bertanding. Joe Hok memperlihatkan piala tanda ia berhasil. Tapi reaksi ayahnya yang seorang pedagang bisa saja. 
Namun lama kelamaan Joe Hok semakin berprestasi. 1957 dia menjadi juara nasional yang kemudian mengantarnya masuk tim Piala Thomas Indonesia, yang tahun itu berjuang di babak zone Australasia (Australia-Asia) di Selandia Baru dan Australia. 
Sukses di babak Zone mengantar Indonesia masuk babak interzone di Singapura. Ini terjadi tahun 1958. Di kota Singapura, ia menunjukkan permainan cepat dan bertenaga, yang gagal dihadang semua lawannya. Beliau tidak terkalahkan dalam setipa penampilannya. Prestasi dan prestasi berhasil diraihnya. Dengan usia yang semakin tinggi dan kesibukan dibidang yang lainnya, belia mengundurkan diri tahun 1967 atau 17 tahun setelah berkecimpung di olahraga tersebut. Kini Joe Hok yang nama lainnya Hendra Kartanegara "memimpin" kelompok yang bernama "Komunitas Bulutangkis", sebuah komunitas yang terdiri dari mereka yang dahulunya terjun ke olahraga itu atau mereka yang peduli pada nasib bulutangkis Indonesia.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources