Minggu, 02 Oktober 2011

RAHASIA REQUIEM MOZART YANG BELUM TERPECAHKAN

Siapa yang tak kenal dengan nama Wolfgang Amadeus Mozart ?. hampir semua orang di dunia ini tahu, siapa itu Mozart. Mozart adalah salah satu komponis musik paling hebat di dunia, kepiawainya dalam menggubah musik tak perlu diragukan lagi. Ia adalah musisi paling berpengaruh. Bahkan dalam buku 100 orang paling berpengaruh di dunia, karya Mozart masuk sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia.

Mozart lahir di Salzburg Austria pada tanggal 27 Januari 1756 dengan nama Asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart. Mozart memang sudah sejak kecil piawai dalam musik, besar kemungkinan darah musiknya diturunkan dari sang ayah Johann Georg Leopold Mozart yang juga merupakan salah satu musisi penting di jamanya.Sejak kecil ia sudah memiliki kemampuan tala mutlak (mengenal nada dengan tepat tanpa bantuan alat).

Sepanjang hidupnya, sudah lebih dari 700 simfoni dan lagu yang sudah ia hasilkan dimana beberapa diantaranya adalah karya paling menakjubkan di dunia musik, diantaranya adalah Simfoni K.16 & K.19, La Finta Semplice, opera Mitridati, rè di Ponto, K.183, Simfoni No. 25 in G Minor, Sonata in A Minor, Missa Coronation, Hingga Requiem. Tapi dari semua karya Mozart, hanya nama terakhir yang paling kontroversi, yaitu requiem.

Karya besar mozart ini menjadi kontroversial karena Requiem adalah karya terakhirnya yang belum sempat terselesaikan. Requiem sendiri dibuat pada tahun 1791. nada dan simfoni yang ada di dalam Requiem ini terlihat sangat menyiratkan kesedihan seorang Mozart, hampir di semua bagianya terlihat seperti sebuah lagu pemakaman. Requiem sendiri adalah pesanan dari Pangeran Franz von Walsegg, namun saat menyanyikan bagian Lacrimosa, Mozart tak sanggup meneruskan lagi, sehingga karya besar ini terpaksa harus diteruskan oleh muridnya Franz Xaver Süssmayr.

Requiem tak tampak sebagai sebuah karya pesanan, namun justru tampak sebagai karya yang didalamnya terdapat perasaan yang terdalam dari seorang Mozart.  Seorang ahli musik terkemuka Franz Beyer mengomentari, dalam album Requiem ‘Aku bisa mendengar suara Mozart, yang berbicara untuk kepentingannya sendiri, dengan keadaan yang mendesak, seperti anak kecil yang sakit dan melihat ibunya dengan penuh harapan dan ketakutan akan perpisahan’. Mozart juga mengalami takut akan kematian.

Akhirnya pada tanggal 5 Desember 1791 pada jam satu pagi, Tak ada yang tahu secara persis bagaimana ia meninggal. bahkan tak ada yang tahu pasti dimana makamnya yang sesungguhnya. Sebab-musabab Mozart meninggal tak pernah tercatat dengan jelas. Para musikolog membuat beberapa dugaan kemungkinan kenapa kuburan Mozart tak diketahui letaknya.
  • Mozart diracuni Salieri yang merupakan saingannya. Ada jurnal di Eropa yang mengatakan Salieri mengakuinya sebelum ia meninggal di tempat tidurnya (1825), walau ada cerita lain yang menentang hal ini.
  • Pada pemakaman Mozart terdapat badai salju sehingga keluarganya tak bisa mengikuti pemakaman. Cerita ini dibantah oleh catatan cuaca Wina.
  • Tubuh Mozart dipindahkan ke tempat lain karena keluarganya tak membayar ongkos penguburan
Kontroversi perihal kematia mozart ini makin menambah nilai kontroversial Requiem, bagi Anda yang ingin mendengarkan Requiem karya terakhir Mozart ini, Anda bisa mendownloadnya di Link berikut ini :

NB: kalo bisa jangan didengarkan saat kalian sendirian, karena lagu Requiem ini sangat horor dan mengandung banyak sisi misterius

sumber http://sekedar-tahu.blogspot.com/2010/07/karya-terakhir-mozart-yang-tak.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar