Sabtu, 10 Maret 2012

SUARA HEWAN YANG DAPAT TERDENGAR SAMPAI JARAK JAUH


Sama dengan kita para manusia, mengeluarkan suara untuk berinteraksi dengan sesame atapun untuk memberitahukan berita atau hal lainnya. Begitu juga dengan hewan. Suara yang dikeluarkan dapat menjadi pertanda kepada sesame hewan untuk memberitahukan bahwa ada bahaya, atapun untuk saling berinteraksi sesame hewa.
Berikut ini suara yang dihasilkan para hewan dan dapat didengar sampai jauh.

1. PAUS BIRU 






Tidak salah apabila hewan yang satu ini dimasukan ke dalam daftar suara hewan yang didengar sampai kejauhan. Dengan keras suara 188 desibel. Kuat bukan? Suara yang dikeluarkan paus jatan biasanya untuk menarik perhatian paus betina yang jauhnya bisa sampai ratusan mil.

2. GAJAH





Kekuatan suaranya adalah 80-90 desibel. Selain melalui suara, kaki gajah juga dapat mengeluarkan getaran apabila sedang berjalan. Hal ini juga salah satu cara untuk melakukan komunikasi sesama gajah. Penelitian di Afrika mengidentisifikasi bahwa gajah mengirimkan pesan untuk berkomunikasi, menyapa, atapun bemberitahukan ada bahaya.

3. HOWLER MONKEY





Lolongan yang dikeluarkan monyet ini dapat terdengar sampai 10 mil jauhnya. Hewan ini biasanya ditemui di hutan hujan Amerika. Selain itu, hewan ini juga masuk rekor guinness sebagai the loudest land animal.


4. HYENA 




Suara yang dihasilkan bisa sampai delapan mil jauhnya. Jika anda kebetulan mendengar suara tertawa atau melihat hyena, kami sarankan anda meninggalkan gedung. Hyena membuat staccato, serangkaian suara hee-hee-hee bernada tinggi atau disebut "cekikikan" oleh ahli zoologi ketika mereka sedang terancam, dikejar, atau diserang.



5. SINGA AFRIKA
 
 

Auman yang dikeluarkan singa bisa sampai 5 mil jauhnya. Auman yang dikelurkan singa jantan biasanya untuk berburu dan menunjukkan wilayah kekuasaannya. Sedangkan auman singa betina untuk melindungi anak-anaknya dan menarik perhatian singa jantan. 



6. NORTH AMERICAN BULFROG


 




Suara dari kodok ini bisa terdengar sampai  satu setengah mil jauhya.
Untuk membuat suara beresonansi yang digunakan untuk panggilan kimpoi, katak jantan memompa udara bolak-balik antara paru-paru dan mulut dan diseberang pita suaranya.


7. GAJAH LAUT
 
 
Sepanjang garis pantai California, hidup gajah laut berwajah aneh, dengan moncong besar dan bergerak terhuyung-huyung. Ketika tiba waktunya untuk kimpoi, yang jantan mengeluarkan panggilan serupa dengan suara gajah. Panggilan ini dapat didengar untuk beberapa mil, memungkinkan pejantan dan betina yang dekat tahu siapa yang berkuasa.


































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources