Kamis, 16 Agustus 2012

AYAM TANGKAP [KULINER]


Ayam tangkap?? Apa itu?? Bagi yang belu tau, ayam tangkap merupakan kuliner yang sangat populer  di Aceh. Makanan yang satu ini juga berasal dari Aceh.


 
Mengapa disebut ayam tangkap?? Hal ini disebabkan, ayam yang digunakan merupakan ayam kampung yang dipelihara secara alami dan makannya bukan pelet, seperti ayam lainnya. Karena ayam ini dibiarkan di halaman, jadi untuk memasaknya perlu ditangkap dahulu.
Keunikan ayam tangkap ini adalah, cara penyajiannya yang banyak menggunakan daun.  Mengapa memakai daun?? Karena dengan adanya daun ini, maka semakin menambah rasa ayam itu. Daun yang digunaka jugaseperti daun kari atau temurui, daun pandan, daun jeruk dan juga daun serai yang sudah di rajang kasar digoreng hingga kering.

 

Untuk menciptakan sebuah cita rasa Ayam Tangkap asli tanah ini, pertama-tama ayam yang ditangkap adalah ayam kampung yang dipelihara secara alami sehingga tidak mengandung bahan kimia. Ayam tersebut kemudian dipotong kecil-kecil dengan ukuran paling besar 8 sentimeter.
Untuk penyedap atau bumbunya, berbagai rempah khas seperi bawang putih, ketumbar, air kelapa dan sebagainya pun dilumuri ke seluruh permukaan ayam yang telah dipotong-potong tersebut. Untuk menyatukan cita rasa, maka  ayam yang telah dibumbui tersebut  dikukus selama 15 menit. Setelah bumbunya meresap, selanjutnya digoreng.

 

Selanjutnya, Ayam Tangkap tersebut menemukan ciri khasnya. Potongan daun kari dan daun pandan segar juga ikut dimasukan bersama ayam hingga garing dan menghasilkan aroma yang menggugah selera.

Cukup digoreng selama lima menit, potongan kecil ayam beserta daun tersebut kemudian ditiriskan dan siap disantap. Aroma rempah sangat kentara ketika paduan unik tersebut disajikan di atas piring plastik. Pada umumnya, para pecinta kuliner mengombinasikannya dengan sambal kecap yang telah dicampur dengan potongan bawang merah dan cabai hijau.


Dengan sambal itu, gurihnya ayam beradu dengan garingnya daun dan dipadukan dengan manis-pedasnya sambal kecap menciptakan sensasi baru bagi Anda pecinta olahan yang berbahan dasar ayam khas Aceh.

 
               sambal ganja

 
Selain itu, untuk menyantap ayam tangkap ini juga sangat cocok dikombinasikan dengan sambal ganja. Sambal ganja?? Apa lagi itu?? Sambal ganja merupakan sambal yang dibuat dari campuran belimbing sayur, cabai rawit, bawang merah, yang ditumbuk sampai  halus dan soal rasa bisa membuat  ketagihan layaknya ganja.
 
 sambal ganja








































 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources