Senin, 03 September 2012

BENTUK-BENTUK GALAKSI


Secara umum, bentuk-bentuk galaksi ada  empat macam, yakni :
1.Bentuk Spiral








 











Galaksi ini mempunyai roda-roda Catherina dengan lengan-lengan berbentuk spiral keluar dari pusat yang terang (jumlahnya kira-kira 60%)



2. Bentuk Spiral Berpalang




















Lengan-lengan spiral galaksi ini keluar dari bagian ujung suatu pusat kira-kira 18% dari jumlah galaksi, merupakan spiral-spiral ataupun spiral-spiral yang terpotong.




3.Bentuk Elips














Galaksi ini bentuknya elips, mulai dari bentuk hampir menyerupai bola kaki, sampai pada bentuk yang sangat lonjong seperti bola rugby. (Jumlahnya kira-kira 18%)



4.Bentuk Tidak Beraturan

















Kira-kira 4% dari jumlah galaksi berbentuk tidak beraturan, atau mempunyai bentuk-bentuk tertentu.





Menurut para ahli astronomi, ruang antara galaksi yang satu dengan galaksi lainnya, tidak kosong, tetapi mengndung materi yang disebut zat inter galaxy. 


Zat inter galaxy ini seperti zat interstellair yang terdiri dari proton, elektron, dan ion yang bergerak simpang siur dalam jagat raya ini.

Ada beberapa macam galaksi yang dikenal secara umum, yakni :

1.Galaksi Bimasakti
Galaksi bimasakti merupakan galaksi dimana bumi berada. Galaksi ini mempunyai bentuk spiral, dengan diameter kira-kira 100.000 tahun cahaya.

2.Galaksi Magellan
Galaksi  Magellan merupakan galaksi yang paling dekat dengan  galaksi Bimasakti. Jaraknya kurang lebih 150.000 tahun cahaya dan berada di belahan bumi langit selatan

3.Galaksi Ursa Mayor
Galaksi Ursa Mayor berjarak 10.0000.000 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti. Bentuk galaksi Ursa Mayor adalah elips dan rapat

4.Galaksi Jauh
Galaksi-gaklaksi yang terletak lebih dari 10.000.000 tahun cahaya dari GALAKSI Bimasakti termasuk galaksi jauh. Contoh galaksi Jauh, yaitu : galaksi Silvery, Triangulum, dan Whirlpool.


























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources