Selasa, 31 Juli 2012

PENGERTIAN JAGAT RAYA

 1.Jagat raya merupakan alam semesta atau juga antariksa, yaitu ruangan yang meluas ke segala arah, tidak terhingga, namun memiliki batasan-batasan yang belum dapat diketahui.
 

 



2.Bentuk jagat raya diduga melengkung dan dalam keadaan memuai.

3.Jagat raya terdiri atas galaksi-galaksi ataupun sistem-sistem bintang yang jumlahnya ribuan. Salah satunya adalah galaksi Bimasakti.

4.Galaksi-galaksi terdiri atas benda-benda langit yang ada, yang membentuk sistem bintang yang kecil-kecil. Salah satu tata surya adalah bumi kita. (Planet bumi)



Diketahui bahwa dalam antariksa atau jagat raya terdapat ribuan galaksi-galaksi lain yang merupakan kepulauan bintang-bintang dan salah satu di antaranya adalah JALAN SUSU atau KALI SERAYU atau BIMA SAKTI.
 
 


Dengan demikian susunan atau isi jagat raya adalah kabut-kabut ekstra galaksi . Sedangkan bintang-bintang atau benda langit hanyalah kelompok kabut. Jadi jagat raya merupakan ruangan yang maha luas , yang tidak dapat diketahui atau pun dibayangkan luasnya. 

 

Namun demikian,menurut para ahli dari hasil penelitian mereka menyatakan bahwa ruangan jagat raya ini luasnya ada batasan-batasannya juga, bentuknya melengkung dan dalam keadaan memuai.


 Diperkirakan jarak dari satu galaksi dengan galaksi lainnya adalah lebih dari satu juta tahun cahaya. Apabila dimisalkan kabut itu digambrkan sebagai lingkaran-lingkaran dengan garis tengah 1 cm, maka jarak kabut yang satu dengan yang lainnya dapat mencapai 10 cm, sedangkan ruang-ruang diantarnya kosong.


 Tahukah Anda apa itu galaksi? Galaksi merupakan kumpulan bintang , planet, gas, debu, nebula, dan benda-benda langit lainnya yang membentuk “pulau-pulau” di dalam ruang hampa jagat raya. Keberadaan galaksi  dapat dilihat dengan teleskop. Teleskop yang kuat mampu mendeteksi 1.000 juta galaksi, dengan ukuran dari tepi ke tepi mulai dari 1.000 tc sampai 10 juta tc [tc = tahun cahaya]. Satu tahun cahaya kurang lebih 10.000.000.000.000 km atau 10.000 milyar km.


 



 

 Ciri-ciri galaksi :
a.Galaksi mempunyai cahaya sendiri bukan cahaya pantulan

b.Galaksi-galaksi lainnya dapat terlihat berada di luar Glaksi Bimasakti.

 



c.Jarak antara galaksi yang satu dengan lainnya jutaan tahun cahaya.

d.Galaksi mempunyai bentuk-bentuk tertentu  sepert :
Bentuk spiral,  spiral berpalang, elips, dan tidakberaturan tidakberaturan (irregular galaxis)









































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources