Senin, 16 Juli 2012

SELAIN WORTEL, YANG SATU INI JUGA BAIK UNTUK KESEHATAN MATA

Wortel merupakan tanaman yang sudah lama dikenal dan sudah diidentikkan dengan khasiatnya untuk kesehatan mata. Tapi tahukan Anda, selain wortel, ada juga tanaman yang lain. 

Rimbang, dengan nama biologinya dikenal sebaga Solanum torvum ini merupakan tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae) yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu. Tumbuhan ini diduga berasal dari Amerika Serikat tropis dan Hindia Barat namun sudah dikenal lama oleh masyarakat Indian mulai dari Meksiko sampai Brasil. 


 




Tumbuhan ini sekarang sudah menyebar di seluruh daerah tropis di dunia. Untuk tumbuh, ia memerlukan curah hujan minimal 1000 mm per tahun dan mampu bertahan hidup hingga ketinggian 2000 m.
Pohon kecil tahunan dan dapat mencapai tiga meter tingginya atau kadang-kadang lebih. Batangnya berambut dan berduri. Daunnya bercangap dan permukaannya ditutupi rambut tipis yang agak rapat. Mahkota bunganya berwarna putih, berjumlah lima. Kepala sari besar dan tegak, menutupi putiknya. Buah mudanya berwarna hijau, yang setelah masak menjadi kuning, dengan diameter rata-rata satu cm. 
  





Rimbang atau takokak ini banyak digunakan untuk campuran makanan seperti di sayur daun ubi tumbuk. Banyak yang belum tahu khasiat rimbang iniuntuk mata. Orang tua admin juga pernah admin lihat makan rimbang itu. Pas admin coba, rasa sangat, sangat pahit. Kenapa pahit? Karena rimbang itu dimakan mentah-mentah. Cuci bersih rimbang, bisa  5 atau juga lebih, tergatung Anda. Lalu makan. Bagi pemula jangan banyak-banyak dulu ya, bisa dimulai dengan 2 atau 3, hal ini wajar, karena rasa pahit yang berasal dari rimbang. 





 
Rimbang ini diketahui mempunyai kandungan vitamin A dan C.
Menurut Anda bagaimana? Bisa dicoba loh, siapa tahu mata Anda semakin sehat
 




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources