Rabu, 29 Februari 2012

BEBERAPA JENIS EMPEK - EMPEK

Indonesia sudah terkenal dengan alamnya yang indah, selain itu kulinernya juga sudah banyak dikenal negara lain.  Salah satu yang terkenal adalah empek-empek dari Palembang, Sumatera Selatan. Menurut cerita, empek-empek mulai dikenal di Sumatera Selatan pada tahun 1617. Saat itu ada lelaki tua keturunan cina (disebut Apek) . Ia  merasa prihatin dengan melimpahnya hasil tangkapan ikan di sungai Musi yang belum dimanfaatkan masyarakat dengan baik. Dari sanalah Apek kemudian mengolahnya menjadi makanan baru, dengan mencampurkan tepung tapioka dan daging ikan giling. Makanan tersebut lalu  dipasarkan dengan berkeliling menggunakan sepeda. Nama pempek sendiri muncul dari kebiasaan konsumen yang memanggil “pek..apek”, ketika mereka ingin membeli dagangan si Apek. Hingga sekarang nama pempek atau empek-empeklah yg dikenal masyarakat luas.

Untuk pertama kalinya empek-empek asli Palembang dibuat dari ikan belida, namun berhubung sekarang ikan tersebut sulit dicari, maka masyarakat menggantinya dengan ikan gabus, dan beberapa jenis ikan laut seperti tengiri. Biasanya untuk menambah kenikmatan pempek Palembang, penyajiannya dilengkapi dengan kuah yg biasa disebut cuko . Kuah tersebut dibuat dari campuran gula jawa, cuka, asam jawa, udang ebi, cabe, serta bawang merah dan bawang putih. Selain itu, ada juga pedagang yag menambahkan irisan timun dan mie dalam penyajian pempek.

Karena semakin tingginya permintan pasar akan empek-empek ini, masyarakat khususnya di Palembang mulai berinovasi dengan membuat beragam jenis empek-empek. Karena itu, tidaklah suatu hal yang mengherankan bila di Palembang akan Anda temui tempat-tempat penjualan empek-empek.

1. Pempek Lenjer




 2. Pempek Adaan




3. Pempek Kapal Selam
  


4. Pempek Panggang





5. Pempek Keriting






6. Pempek kulit





 7. Pempek lenggang




8. Pempek otak-otak




 







































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources