Kamis, 09 Februari 2012

KUMPULAN BEBERAPA PANGSIT DI DUNIA

Pangsit. Ya, makanan yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Pangsit merupakan nama makanan yang diisi daging cincang, sayuran, dan tambahan bumbu-bumbu seperti bawang putih atau pun bawang bombay dan dibungkus dengan lembaran  tepung terigu. Pangsit ini diolah dengan cara direbus ataupun digoreng.
Nah, sekarang kita akan melihat bagaimana negara-negara lain mengolah pangsit ini. 

1.China


Di negara Cina makanan ini dinamai  dengan Jiaozi. Pangsit  ini dibuat dari daging dan sayuran yang dibungkus dan digulung dengan kulit yang tebal. Hidangan ini biasanya dimakan dengan saus sambal ataupun kecap asin. Namun ada pangsit jenis lain yang dikenal dengan wontons yang berbentuk seperti bola dan biasa disajikan dalam kaldu.

2.       Jepang


Pangsit di Jepang diberi nama Gyoza. Dibuat dari dari berbagai bahan seperti daging babi cincang, kol, nira, bawang putih dan minyak wijen yang dibungkus. Kulit untuk membungkus berbagai isi pangsit tersebut biasanya direbus dalam air mendidih lalu diproses untuk pengisian dan digoreng.

3.       Korea


Mandu adalah nama pangsit dari Korea yang dibawa dari Mongolia. Di sana menu ini dibungkus dengan kulit yang di dalamnya berisi daging. Untuk pengolahannya mandu biasa digoreng (gunmandu) atau bisa juga dengan direbus (mulmandu) dan disajikan dengan campuran kecap dan cuka.

4.       Turki


Manti itulah sebutan menu pangsit di Turki. Namun ada pula yang menyebutnya dengan nama mantu, mantou, manties ataupun mahty. Makanan ini diolah dari daging domba atau daging sapi yang digiling dan dibungkus dengan kulit. Masyarakat di sana biasa menyajikan makanan ini dengan merebus atau mengukusnya.

5.       Georgia


Nama pangsit untuk Negara Geogia yaitu Khinkali. Makanan ini dibungkus dengan isi di dalamnya seperti jamur, keju, daging sapi, daging babi atau daging kambing yang dibumbui dengan bawang merah dan bawang putih. Menu ini terkenal di berbagai kota disana seperti kota Dusheti, Pasanauri dan Mtskheta yang biasa disajikan bersama lada hitam

6.       Rusia


Pelmeni menjadi sebutan makanan pangsit di Rusia. Makanan ini dihidangkan dengan bungkusan yang berisi daging domba cincang atau jenis daging lainnya, ikan, jamur, bawang, lobak, dan lada hitam. Sementara pelmeni biasa diolah dengan menggorengnya bersama krim asam.

7.       Slowakia


Bryndzove Pirohy menjadi hidangan tradisional di negara Slowakia yang bentuknya seperti bulan sabit yang berisi keju bryndza atau bisa juga dengan keju mentah yaitu tvaroh maupun quark.

8.       Polandia


Polandia memakai nama Pierogi sebagai sebutan makanan pangsit di Polandia. Di sana makanan ini sebagai makanan yang ditemui tiap harinya dan biasa disajikan untuk acara festival-festival. Masyarakat di sana mengisi menu ini dengan keju putih segar, kentang, bawang goreng, daging giling, jamur, kubis. Namun jika disajikan sebagai makanan penutup makanan ini diisi dengan berbagai buah-buahan seperti strawberry ataupun blueberry. Itulah yang membuat pangsit di sana sebagai pangsit yang dikenal dengan rasanya yang manis hingga pedas. Sementara untuk menikmatinya pierogi orang Polandia biasa menggunakan krim asam atau lemak daging.

9.       Amerika Serikat


Negara ini memilih nama makanan pangsit dengan pierogies yang diisi dengan bayam, cabai dan ayam . Masyarakat di sana biasa mengkonsumsi makanan ini untuk meningkatkan kandungan karbohidrat di dalam tubuh mereka.

10.   Kanada


Berbeda dengan Kanada, masayarakat di sana menyebut makanan pangsit ini dengan Pyrohy atau Pyrogi. Menu ini banyak ditemui di toko-toko makanan di sana yang diisi dengan bacon, keju, kentang, buah yang dibumbui dengan garam dan merica lalu direbus dalam air yang mendidih. Setelah itu dipanggang ke dalam oven lalu digoreng dengan mentega. Masyarakat di Kanada biasa menyajikan makanan ini dengan krim asam, bawang goreng, bacon goreng, sosis dan saus krim jamur.

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources